Dihadiri Bupati Enrekang, Kepala BBPP Batangkaluku Tekankan Pentingnya Pelatihan Teknis Tematik Cabai -->

Translate


Dihadiri Bupati Enrekang, Kepala BBPP Batangkaluku Tekankan Pentingnya Pelatihan Teknis Tematik Cabai

Sabtu, 06 Maret 2021


Bupati Enrekang Muslimin Bando bersama Tim BBPP Batangkaluku saat meninjau proses budidaya tanaman Cabai (Foto Istimewa).

Enrekang (Sulsel), Celebesindo.com, -Kabupaten Enrekang merupakan daerah sentra bawang dan cabai. Berdasarkan hasil  identifikasi di lapangan  BBPP Batangkaluku menyelenggarakan pelatihan Tematik Cabai di P4S Laskar Pelangi, Kab. Enrekang.


Kegiatan yang diselenggarakan BBPP Batangkaluku ini berlangsung selama 3 hari,  dari 04 s/d 06 Maret 2021 yang di tutup hari ini. Jumlah peserta 30 orang yang berasal dari binaan P4S Laskar Pelangi antaranya Peserta dari Kab. Sidrap 10 orang dan Kab. Enrekang 20 orang.


Para peserta pelatihan (Foto Istimewa)

Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkakuku, Sabir, menekankan akan pentingnya kegiatan pelatihan teknis tematik cabai tersebut, oleh karenanya para peserta diharapkan benar-benar memanfaatkan kesempatan tersebut agar setelah selesai mengikuti kegiatan ini dapat menerapkan budidaya tanaman cabai sesuai yang di ajarkan oleh fasilitator. 


Di akhir kegiatan dihadiri oleh Bupati Kab.Enrekang, dimana beliau mengajak para peserta pelatihan untuk berkeliling kebun untuk melihat lebih proses budidaya tanaman cabai disalah satu kelompok yang berhasil dengan hanya memanfaatkan lahan tidur.


“Bukan hanya petani saja yang harus bergerak, tapi penyuluh, warga sekitar, hingga pekarangan sekolah untuk menanam cabai” ungkap Muslimin Bando.


Bupati juga berterimakasih kepada BBPP Batangkaluku yang telah melaksanakan kegiatan ini, karena dengan adanya pelatihan tematik ini petani merasa sangat senang karena bisa membantu menyelesaikan masalah di petani juga mampu meningkatan kompetensi hulu hingga hilir ini juga merupakan salah satu usaha untuk mencapai pembangunan pertanian Kabupaten Enrekang.


Suasana pelatihan materi (Foto Istimewa).

Sesuai yang diharapkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo beberapa waktu lalu yang menaruh harapan pertanian pada generasi milenial. Menurutnya, milenial harus berani menjadi petani atau mendirikan startup pertanian. 


Beberapa peserta juga berpesan agar kegiatan tematik ini terus berlanjut untuk senantiasa memberikan bimbingan kepada para penyuluh dan kelompok-kelompok tani yang ada di Enrekang. (Al Aziz / Yuli N)