Membanggakan, Guru di Soppeng Raih Prestasi Gemilang di Tingkat Internasional -->

Translate


Membanggakan, Guru di Soppeng Raih Prestasi Gemilang di Tingkat Internasional

Selasa, 08 Desember 2020




Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, - Risman Hasli, S.Pd.,M.Pd keturunan orang Alinge Kab. Bone yang lahir di Ujung Pandang, 15 Desember 1985 merupakan Guru Kelas di SD Negeri 135 Salebbo Mario Kab. Soppeng yang saat ini juga sebagai Mahasiswa S3 Program Doktor Prodi Ilmu Pendidikan PPS UNM. Berhasil meraih prestasi gemilang di tingkat Internasional di tengah pandemi Covid-19. Keberhasilannya meraih Medali Perak (Silver) Tingkat Internasional dalam event "Internasional Science And Invention Fair (ISIF) Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA), World Invention Intellectual Product Associations (WIIPA) dan World International Fairs Association (WIFA). 




Prestasi yang berhasil dicapai Immang (Sapaan Akrabnya) guru SD ini sangat membanggakan bagaimana tidak, di tengah pandemi seperti ini tetap menorehkan prestasi yang wouw luar biasa ini, apalagi ajang yang bertaraf Internasional yang diselenggarakan secara daring, tentunya akan membawa nilai-nilai positif dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ), kata Risman yang dihubungi via WA.

Dikatakan pula bahwa, Event bergengsi ini dibagai dalam 2 kategori yaitu Kategori Guru/Teacher dan Kategori Siswa. Untuk kategori guru fokus pada Penemuan Produk Pembelajaran baru yang berdampak pada kualitas siswa dalam belajar. Dijelaskan lagi, event ISIF ini rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai ajang memperkenalkan produk dari berbagai negara. Proses seleksi produk dumulai sejak awal bulan Mei dan acara puncak pada tanggal 6-9 November 2020 dan diikuti oleh 30 Negara. Proses seleksi dilaksanakan secara virtual dengan mengirim Video Produk, Poster, Karya Tulis, dan yang masuk finalis akan di undang untuk melakukan presentasi secara daring di depan dewan juri. Papar Risman. 




Lanjut keterangannya via WA mengatakan bahwa, Motivasi saya ikut diajang paling bergengsi ini sebenarnya untuk mencari pengalaman dan ingin melihat bagaimana produk guru-guru diluar sana untuk bahan referensi saya dalam pengembangan diri kedepannya. Salah satu juga yang memotivasi adalah untuk mencari pundi-pundi untuk pembayaran SPP kuliah,,,hehehe. Ujar dengan celoteh santainya.

Diakhir obrolan kami via WA, Risman menyampaikan pesan kepada teman-teman pendidik terkhusus buat guru di Soppeng adalah jangan takut untuk berbuat karena dengan berbuat kita dapat menulis sejarah untuk anak-anak didik kita. selalu semangat berkarya untuk bapak ibu guru semua, tunjukkan pada siswa bahwa kita juga bisa menjadi juara untuk lebih bisa memotivasi mereka.

Selain prestasi di atas, beberapa prestasi yang berhasil diterohkannya, diantaranya dalam rangka Hari Guru Nasional di tahun 2020 yang juga saya peroleh yaitu,

1. Peraih Anugerah Guru Berdedikasi dari Pengurus Besar PGRI dalam rangka HUT ke 75 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2020.
2. Memperoleh Penghargaan Guru Riset Nasional (National Research Teachers Awards) yang dilaksanakan oleh National Research Teacher Forum (NRTF) kerja sama dengan Indonesia International Institute for Life-Sciences (I3L) dan Malaysia Innovation Invention and Creativity Association (MIICA) dalam rangka Hari Guru Nasional Tahun 2020.
3. Peraih Medalai Perunggu cabang Informatika dan Inovasi pada Lomba Gurulympics dari Pengurus Besar PGRI dalam rangka HUT ke 75 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2020. (AR).