TP PKK Kabupaten Soppeng Gelar Sosialisasi Peduli Penanggulangan dan Pencegahan Stunting dan Gizi Buruk -->


 

Translate


TP PKK Kabupaten Soppeng Gelar Sosialisasi Peduli Penanggulangan dan Pencegahan Stunting dan Gizi Buruk

CELEBESINDO
Selasa, 03 November 2020



Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, - Pokja IV Tim Penggerak PKK Kab. Soppeng Tahun 2020 menggelar Sosialisasi Peduli Penanggulangan dan Pencegahan Stunting dan Gizi Buruk yang dilangsungkan di Ruang Rapat Gabungan Dinas Kab. Soppeng.
Selasa, 3 November 2020.

Ketua PKK Kab. Soppeng, ibu Fitri Aryanti Idam, SE membuka secara resmi kegiatan ini yang dalam sambutannya menjelaskan bahwa, Masalah gizi adalah masalah kesehatan masyarakat yang penanggulangannya tidak dapat dilakukan dengan pendekatan medis dan pelayanan kesehatan saja dan masalah gizi, di samping merupakan sindrom kemiskinan yang erat kaitannya dengan masalah ketahanan pangan di tingkat rumah tangga juga menyangkut aspek pengetahuan serta perilaku yang kurang mendukung pola hidup sehat.

Dengan demikian, keadaan gizi masyarakat mempengaruhi tingkat kesehatan dan umur harapan hidup yang merupakan satu unsur utama dalam penentuan keberhasilan pembangunan negara yang dikenal dengan istilah human development index.tuturnya.

Dikatakannya, Stunting adalah kondisi anak yang megalami pertumbuhan yang kurang baik, hal ini dapat terjadi ketika masih berada di dalam kandungan, kondisi ini diakibatkan oleh asupan ibu selama kehamilan yang kurang berkualitas sehingga nutrisi yang diterima janin sedikit yang  mengakibatkan pertumbuhan di dalam kandungan mulai terhambat dan terus berlanjut setelah kelahiran, tidak hanya itu stunting juga dapat terjadi pada anak masih di bawah umur 2 tahun yang tidak diberikan ASI eksklusif maupun MP-ASI yang diberikan kurang mengandung zat gizi yang berkualitas. Tandasnya. 

Ketua TP PKK Kabupaten Soppeng mengajak, Marilah kita  berkomitmen bersama untuk melakukan penanggulangan dan pencegahan stunting, agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Dengan demikian saya  mengajak kepada seluruh peserta untuk mengikuti secara seksama sosialisasi ini sampai selesai. Imbuhnya. 

Sementara itu, Musyawarah Sulastri selaku Ketua Panitia dalam laporannya menjelaskan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait tumbuh kembang anak sejak dini.ujarnya.




Untuk diketahui waktu pelaksanaan terdiri dari 2 angkatan yaitu tanggal 3 - 4 November 2020 bertempat di Ruang Rapat Gabungan Dinas Kab. Soppeng dengan jumlah peserta sebanyak 263 orang dengan 2 angkatan yang terdiri dari SKPD terkait Stunting, Kepala Puskesmas, TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan, Organisasi Wanita dan Kepala Desa.

Sementara itu Narasumber terdiri dari dr. Hj. Fadilla, Sp. OG (Konsultan), dr. Ramlah Burhanuddin, Sp GK, M.Kes dan Makmur Said, SH. 

Turut hadir pada kegiatan ini, para Kepala OPD (terkait Stunting) se Kab. Soppeng, para Kepala Puskesmas se Kab. Soppeng, Para Ketua Pokja se Kab. Soppeng, para Ketua Organisasi Wanita se Kab. Soppeng, Para Ketua TP. PKK Kecamatan, para Kepala Desa se Kab. Soppeng, Ketua TP. PKK Desa/Kel. Se Kab. Soppeng. (Red).