Peserta Pelatihan dan Pendidikan Sekolah Budaya Bugis Latemmamala Soppeng Angkatan ke-5 Akan Diwisuda Besok -->


 

Translate


Peserta Pelatihan dan Pendidikan Sekolah Budaya Bugis Latemmamala Soppeng Angkatan ke-5 Akan Diwisuda Besok

CELEBESINDO
Kamis, 05 November 2020



Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, - Peserta Pelatihan dan Pendidikan Bahasa dan Budaya Bugis pada Angkatan ke-5 tahun 2020 Sekolah Budaya Bugis Latemmamala Soppeng hari ini memaksimalkan pertemuan terakhir menjelang wisuda esoknya.


Dari 39 peserta yang akan diwisuda (ippanretemme) besok Sabtu, 7 Agustus 2020 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Soppeng sudah menjalani semua proses yang diterapkan oleh pihak SBB Latemmamala Soppeng.


Proses latihan merupakan tahapan terakhir yang harus (wajib) dilalui oleh setiap peserta menjelang tahapan pelaksanaan mappanre temme. Karena tahapan ini merupakan 1 SKS (Satu Sistem Kredit Semester) yang akan dicapai oleh setiap peserta dalam pemenuhan ketuntasan pendidikan di SBB Latemmamala.



Tahapan latihan pada pendidikan di SBB Latemmamala merupakan pengimplementasian dari seluruh materi yang sudah diterima oleh peserta pelatihan, kemudian diangkat kedalam bentuk seni suara dan gerak.


Dari semua tahapan selama pelatihan berlangsung, tahapan ini yang sangat berkesan untuk dilalui setiap peserta, dimana para peserta diberi kesempatan untuk menyalurkan segala kekreatifannya secara totalitas bahkan dituntut untuk dapat keluar dari zona nyamannya.


Wisuda (Mappanre Temme') merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu bagi semua peserta, kenapa? Karena wisuda merupakan sebuah prosesi pelepasan jabatan status kepesertaan setelah bergelut dengan suka dukanya selama pendidikan di SBB Latemmamala. Selama pendidikan memanglah tak mudah, apalagi peserta yang belum sama sekali tahu apa itu budaya. Ya, memang butuh perjuangan yang lebih besar untuk dapat diwisuda. Bahkan ada beberapa peserta dari perbatasan yang menempuh waktu perjalanan jauh menuju ketempat pelatihan.



Proses pendidikan sebenarnya hanya membutuhkan kurang lebih 3 bulan lamanya. Karna adanya Pandemi Covid19 sehingga diangkatan ini mengalami durasi panjang masa pendidikan. Tapi apapun alasannya pendidikan pelatihan ini tetap akan diselesaikan mengingat kelanjutan angkatan berikutnya akan direkrut peserta yang baru sesuai himbauan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Soppeng bahwa diupayakan semua guru bisa terlibat di SBB dalam upaya pergerakan pelestarian budaya Bugis khususnya di Bumi Latemmamala ini. (AR).