KPU Soppeng Sukses Gelar Debat Publik Dengan 22.000 Pemirsa -->

Translate


KPU Soppeng Sukses Gelar Debat Publik Dengan 22.000 Pemirsa

Minggu, 01 November 2020



Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati H.A. Kaswadi Razak dan Ir.Lutfhi Halide, MP mengikuti debat publik Pilkada Soppeng 2020 di Triple 8 yang disiarkan langsung oleh Kompas TV bekerjasama dengan TV Kabel Abrar dan Live streaming chanel youtube Kompas, Sabtu (31/10/2020).


Debat Publik pertama yang digelar oleh KPU Soppeng dikemas dalam pemaparan dan pendalaman Visi dan Misi pasangan calon dengan tema "Kebijakan Pembangunan Tata Kelola Pemerintahan dan Pembangunan Sosial" dipandu oleh moderator mantan ketua masika ICMI SulSel Muh. Ashry Sallatu.


Mekanisme Debat Publik menurut Ketua KPU Soppeng bahwa mengingat hanya ada 1 (satu) Pasangan Calon, maka mekanisme debatnya, Pasangan Calon diperhadapkan oleh para panelis sesuai bidang keahlian masing masing untuk menggali dan mengeksplor visi dan misi pasangan calon.


Lebih lanjut dalam sambutan pembuka debat publik, Ketua KPU menyampaikan bahwa Debat Publik ini adalah ruang terbaik Pasangan Calon menarik perhatian dan simpati masyarakat untuk memilih pada hari rabu tanggal 9 Desember 2020, dan disisi lain, bagi masyarakat sebagai pemilih debat ini akan menjadi referensi untuk menentukan pilihannya di TPS pada tanggal 9 desember 2020 mendatang.


Dikesempatan itu juga ketua KPU soppeng menyampaikan bahwa tema pemilukada tahun 2020 ini adalah Pilkada soppeng yang berkeadaban dalam artian bahwa kita ingin menggali dan menghidupkan nilai-nilai lokal demokrasi kita yang hidup ditengah masyarakat kabupaten soppeng. Ungkapnya.


Begitupun semangat dalam pilkada soppeng ini dengan tetap mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal, sumpung teppettu, sumpung temmalara, Sipakainge, Sipakatau Sipakalebbi, ucap Em Hasbi.


Ucapan ketua KPU soppeng sejalan dengan apa yang disampaikan Calbup Andi Kaswadi Razak dalam debatnya dengan panelis bahwa budaya masyarakat soppeng dengan Sipakainge, Sipakalebbi, Sipakatau dengan prinsip Sitiroang Deceng Tessitiroang jaa.


Terakhir ketua KPU soppeng menyampaikan bahwa, InsyaAllah Pilkada Soppeng akan menghasilkan Pilkada yang membahagiakan semua pihak pungkasnya.


Dalam debat paparan visi misi disiarkan melalui live streaming chanel youtube Kompas TV dengan jumlah penonton sebanyak 22.000 pemirsa (2/11) belum termasuk pemirsa TV Kabel Abrar yang puluhan jumlah pelanggannya, dan selama masa kampanye akan disiarkan setiap hari oleh TV Kabel Abrar sampai tgl 5 Desember 2020.


Dalam debat publik paslon di Pilkada soppeng menghadirkan Panelis : Prof Dr. Hasnawi Haris, M.Hum, Dr. Rahmat Muhammad, MA, Dr. Tasrifin Tahara,MA, Dr. A.Lukman Irwan,M.Si dan FajlurRahman Jurdi,SH.MH.


Untuk diektahui Debat Publik Kedua akan dilaksanakan pada Sabtu, 14 November 2020 mendatang. (Red).