Ketua IGI Kab.Soppeng: Hari Guru Nasional adalah Momentum Istimewah -->

Translate


Ketua IGI Kab.Soppeng: Hari Guru Nasional adalah Momentum Istimewah

Senin, 23 November 2020




Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, -Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Soppeng DR. NUR ALIM, S.Pd.,M.Pd menyebutkan bahwa, Hari Guru Nasional adalah hari yang istimewah sebagai apresiasi terhadap guru yang dengan perayaan Hari Guru Nasional (HGN) bertujuan untuk menghormati guru atas kontribusi terutama di bidang pendidikan.


Sosok seorang guru memang berbeda dengan pahlawan yang gugur di medan perang, yang rela mengorbankan jiwa dan raganya. Namun guru adalah orang yang rela dan ikhlas membagikan ilmunya, menjadi sosok pengganti orang tua di sekolah dan bahkan bisa jadi melebihi peran para orang tua.


Dikatakan pula bahwa, Guru adalah seseorang yang mampu mengubah pola pikir, mengembangkan wawasan, serta mampu memberikan bekal untuk menghadapi tantangan masa depan para peserta didiknya sehingga kelak akan mengubah hidup dan kehidupan yang lebih baik. ujarnya.


Karena itulah ada yang menyebutnya dengan pahlawan tanpa tanda jasa (bukan tak berjasa), tetapi tidak seperti pahlawan yang gugur di medan perang yang diberi gelar pahlawan revolusi, pahlawan nasional, atau pahlawan reformasi.
Untuk perayaan Hari Guru Nasional khususnya tahun 2020, tentu setiap organisasi profesi Guru mempunyai tradisi yang berbeda, tetapi khusus IGI Kabupaten Soppeng bersama anggota mencoba merefleksi diri dan akan mejadi agen perubahan minimal melakukan perubahan pada diri sendiri dan berusaha menjawab tantangan masa kini dan yang akan datang.


Mungkin seorang guru tidak mengharapkan sebuah kado yang mewah dari mereka yang pernah didiknya, sebuah ucapan selamat yang indah ataupun kejutan indah, karena saya yakin semua guru melakukan pekerjaan secara mulia berbagi ilmu dengan ihklas, ihklas dalam membimbing, mensupport dan memberikan hal-hal positif lainnya yang patut dicontoh.


Selaku ketua IGI Kabupaten Soppeng bersama segenap pengurus, lembaga yang memiliki komitmen yang sama dalam pengembangan kompetensi guru menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa atas partisipasinya sebagai mediator/narasumber/informan selama pandemic covid 19 khususnya di Kabupaten Soppeng sejak Maret 2020.


Sejak Maret itulah IGI Kabupaten Soppeng melakukan upaya-upaya pembinaan dan peningkatan kompetensi guru yang berdasarkan catatan kami sebanyak 14 kegiatan workshop, diseminasi, diskusi daring. Kegiatan demi kegiatan yang dilaksaksanakan IGI Bersama Lembaga/organisasi lainnya dengan materi yang berbasis usulan dari para guru-guru.


Kami berharap dalam waktu yang tidak akan terlalu lama dari sekarang IGI akan mencoba mengadakan kegiatan dengan materi membangun pembelajaran bermakna melalui Tik Tok. Namun saya selaku Ketua IGI Kab. Soppeng akan melakukan meeting dengan teman-teman seperjuangan untuk memastikan jadwal pelaksanaannya. IGI sangat komit dengan motto “Sharing and Growing Together” dengan siapapun/Lembaga manapun.


Akhirnya kami mengucapkan SELAMAT HARI GURU NASIONAL
Selamat para guru hebat
IGI siap Bersama seluruh komponen bangsa untuk memajukan Pendidikan Indonesia Jaya. (AR).