Kalong's IGI Kab.Soppeng Dalam Forum Virtual Sharing Session Program Guru Penggerak -->

Translate


Kalong's IGI Kab.Soppeng Dalam Forum Virtual Sharing Session Program Guru Penggerak

Minggu, 01 November 2020



Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, - Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Soppeng tak pernah berhenti untuk terus bergerak dan berbagi dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Soppeng bahkan se-Nusantara pada umumnya. Baru-baru ini, IGI Kab.Soppeng dalam wadah Kelas Learning Online Guru Soppeng (Kalong's) sesion ke-3 kembali lagi menggelar kegiatan virtual yang kesekian puluh kalinya di masa Pandemi Covid19 dengan mengusung topik "Sharing Session Program Guru Penggerak bersama Pendamping Guru Penggerak".



Ketua IGI Kab.Soppeng Dr. Nur Alim, M.Pd memaparkan sambutannya pada kegiatan Webinar mengatakan, Ikatan Guru Indonesia Kab.Soppeng sangat responsif akan program pemerintah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yaitu Program Guru Penggerak, maka dari itu kami himbau kepada seluruh tenaga pendidik semua jenjang TK, SD, SMP, SMA untuk menyukseskan seleksi calon guru penggerak angkatan kedua ini, dimana pada kesempatan angkatan kedua Kabupaten Soppeng dapat kuota penjaringan Guru Penggerak dan Pendampingan Guru Penggerak dengan harapan Pendidikan di Bumi Latemmamala bisa lebih maju dan berdaya saing dengan pendidikan di daerah lain. Imbuhnya.


Dikatakannya, Kami dari IGI Kab.Soppeng sangat mendukung kepada calon peserta seleksi untuk ikut berpartisipasi atau ambil bagian pada program pemerintah ini. Dimana program guru penggerak ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru agar mampu menciptakan ekosistem yang berdaya dan berkomitmen dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar murid. Peserta guru penggerak akan menjalani pendidikan selama sembilan bulan. Untuk angkatan kedua, kemendikbud membuka kesempatan kepada 2.800 guru dari 56 kabupaten. Peserta guru penggerak, bukan hanya guru yang berstatus PNS, tetapi juga bisa dari guru non PNS baik dari sekolah negeri maupun swasta. Program guru penggerak sudah dicanangkan sejak 3 Juli 2020. Untuk angkatan pertama sudah tersaring 2.800 guru dari 19.218 guru yang mendaftar. Paparnya.



Dikesempatan yang sama, Eka Gustiani, S.Pd selaku koordinator Kalong's sekaligus Kegiatan Webinar sharing ini, menghadirkan 3 Narasumber yang sudah terjaring pada Angkatan Pertama pada program Guru Penggerak dan Pendamping Guru Penggerak diantaranya :
Irham Halik. Guru SMKN.4 Soppeng. Pendamping Guru Penggerak angkatan I, memaparkan materi "Tips dan Trik Lolos Guru Penggerak".


Risman Hasli. Guru SDN.135 Salebbo Mario. Guru Penggerak angkatan I, memaparkan materi "Guru Hidup vs Guru Penggerak".


Firmansyah. Guru SDN.244 Lawo. Guru Penggerak angkatan I, memaparkan materi "Program Guru Penggerak".


Lanjut, pada kegiatan sharing ini rencananya kami laksanakan selama 90 menit namun karena begitu besar antusias peserta untuk terus meminta tambahan waktu karena banyaknya pertanyaan.


Host bahkan harus menutup kegiatan hingga dua kali (setelah ditutup malah kembali lagi ke sesi tanya jawab lalu ditutup kembali kegiatannya). Kegiatan dilaksanakan selama 150 menit dengan jumlah pendaftar kegiatan 135 orang walaupun yang masuk ke room hanya setengah dari pendaftar kegiatan. (Red/AR).