GURILA Dalam PEDULI Menggelar Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia -->

Translate


GURILA Dalam PEDULI Menggelar Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia

Minggu, 22 November 2020



Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, - GURILA (Guru Pecinta Alam) Kabupaten Soppeng merupakan komunitas yang bergerak dibidang Pendidikan, Sosial, dan Teach and Traveling (T and T) ini menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 21-23 November 2020 di Aula Bappeda dengan mengusung Tema PEDULI (Program Edukasi Multimedia Gurila) merupakan Program Diklat GURILA yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng yang dihadiri oleh Ka.Disdikbud Kab.Soppeng diwakili, Kasubid BMD DPKAD, Peserta Diklat dari kalangan Guru, dan Para anggota komunitas GURILA.



Dr. Karim, S.Pd.,M.Pd Kabid. Kebudayaan dalam hal ini mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Soppeng membuka secara resmi Diklat Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia, dalam sambutannya mengatakan, Bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng menyambut baik serta memberi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara dalam hal ini Gurila atas penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis multimedia ini, diiringi ucapan terimakasih karena sudah mengambil bagian pada peningkatan kualitas Guru di Kabupaten Soppeng.



Diklat seperti ini, perlu terus disebarluaskan sebagai antisipasi perkembangan yang sangat pesat di Abad 21, yang hampir semua kegiatan berbasis digital. Guru sebagai frontliner pendidikan perlu menguasai kompetensi abad 21 di mana teknologi informasi komputer dan internet menjadi hal yang amat penting. Oleh karena itu, guru harus menguasai TIK untuk digunakan dalam pembelajaran, mengingat ada empat poin yang harus dimiliki oleh peserta didik di abad 21 ini yang disebut 4C yaitu Critikal Thinking and Problem Solving (Berpikir kritis dan menyelesaikan masalah), Creatifity (Kreativitas), Communication Skill (Kemampuan berkomunikasi), Ability to Work Collaboratively (Kemampuan untuk bekerja).


Dikatakan pula bahwa, Informasi yang sangat dinamis ini perlu ditangkap oleh guru-guru kita sebagai peluang untuk mengembangkan bahan ajar mereka tentu dengan berbasis multimedia.



Oleh karena itu, Diklat seperti ini dapat dibuat secara bertahap untuk menyebarluaskan kepada guru guru tanpa kecuali. Pungkasnya.



Sementara itu, Ketua Pelaksana Diklat Arsal Syam, S.Pd.,M.Si menyampaikan laporannya pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa, Peserta Bimtek berasal dari guru-guru se-Kabupaten Soppeng yang tersebar di 8 Kecamatan sejumlah 60 orang peserta dengan sistem pendaftaran secara online. Kemudian, Dasar pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari misi dan visi Guru Pecinta Alam yaitu Peduli dan berbagi bersama guru-guru hebat dalam kelas inspirasi dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam pembuatan bahan ajar berbasis multimedia.



Lanjut pada laporannya, Narasumber / Pemateri merupakan rekan - rekan dalam komunitas GURILA sendiri yang sebelumnya telah diberikan pembekalan. Diantaranya:
Irham, SE.,MM (Paradigma Pendidikan Abad 21); Herna Ningsi, S.Pd (Google Book berbasis Android; Arsal Syam, S.Pd.,M.Si (Video Pembelajaran); Nurhana, S.Pd. (Optimalisasi Google Form); Sandi, S.Pd (Powerpoint Interaktif). Kemudian metode pelaksanaan kegiatan Diklat ini, pada hari pertama dan kedua berupa Luring yaitu materi dan penugasan dan dihari ke tiga berupa daring (Pembimbingan dan pengumpulan tugas), sementara sumber dana yang kami gunakan yaitu berasal dari partisipasi peserta dan donasi swadaya rekan-rekan dalam komunitas GURILA. (AR).