Badan Akreditasi Nasional PAUD-PNF Kerjasama Disdikbud Kab.Soppeng Gelar Sosialisasi Secara Virtual -->

Translate


Badan Akreditasi Nasional PAUD-PNF Kerjasama Disdikbud Kab.Soppeng Gelar Sosialisasi Secara Virtual

Kamis, 12 November 2020



Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, - Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD & PNF) Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng menyelenggarakan Sosialisasi Akredetisi di 24 Kabupaten, termasuk pada sekolah sasaran di Kabupaten Soppeng yang digelar secara virtual melalui Aplikasi Zoom, Kamis,12 November 2020 untuk tahap pertama.


Terselenggaranya sosialisasi oleh pihak BAN PAUD dan PNF Akreditasi Tahun 2020 ini dengan tujuan tersosialisasikannya Sispena 3.0 untuk satuan PAUD dan
PNF yang menjadi sasaran pelaksanaan piloting akreditasi sebagai rangkaian
pengembangan sistem penilaian akreditasi melalui paparan dan praktik pengisian Evaluasi
Diri Satuan Prasyarat Akreditasi (EDS-PA).


Dikesempatan itu, dari pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Soppeng DR. NUR ALIM, S.Pd.,M.Pd dalam arahan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi Akreditasi PAUD dan PNF mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini penting untuk diikuti terutama bagi penyelenggara / pimpinan / operator PAUD dan PNF. Salah satu dampaknya adalah bagi Lembaga yang terakteditasi A, pada TA 2021 diberikan reward oleh pemerintah berupa bantuan DAK Fisik yang pada tahun 2021 ada 5 lembaga yang mendapatkan bantuan tersebut. Untuk memudahkan pelaksanaan akreditasi pemerintah merilis aplikasi Sispena (Sistem Informasi Akreditasi berbasis Web) 3.0 sehingga bisa diakses dimanapun dan kapanpun oleh user. Sekaligus menuntut penggunanya untuk memiliki kompetensi menguasaan IT.


Mengawali akreditasi dilakukan Evaluasi Diri Satuan Prasyarat Akreditasi EDS-PA. Kami berharap dalam memberikan data pada EDS-PA setiap lembaga agar jujur dalam mengisinya. Bagaimana melakukan pengisian tersebut para peserta diharapkan mengikuti secara seksama materi yang disampaikan oleh para narasumber.


Disampaikan kepada Lembaga PAUD khususnya TK yang berminat dinegerikan lembaganya segera berkoordinasi dengan saya mengenai proses dan prosedurnya.
Atas terselenggaranya kegiatan ini, mewakili Kepala Dinas kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang luar biasa kepada penyelenggara yang telah memberikan ruang kesiapan kepala satuan PAUD/PNF untuk mengikuti proses akreditasi.


Berikut materi sosialisasi oleh BAN PAUD dan PNF, dan Satuan Pendidikan sasaran di Kabupaten Soppeng diantaranya, Kebijakan dan Mekanisme Akreditasi, Sosialisasi EDS-PA Sispena 3.0, dan Simulasi Pengisian EDS-PA yang diikuti peserta sosialisasi TK Ar- Raihan PAUD, TK Handayani Welonge, KB Wanua Sakinah, TK Negeri Watanlipu Tajuncu, KB Harapan, KB Mawar, PPS Al-Ikhsan Appanang, LKP Sobbi, LKP Kursus, KB Al Ikhwan, TK PKK Al Ikhwan, KB Al Fatih, TK PKK Itumaningi, KB As'adiyah Pettamarilalenge, TK Tunas Harapan, KB PKK Karya Harapan Bangsa. (AR).