Perlu Dicatat, Ini Tanggal Pendaftaran CPNS 2021, Beserta Syarat dan Formasi Yang Paling Dibutuhkan -->


 

Translate


Perlu Dicatat, Ini Tanggal Pendaftaran CPNS 2021, Beserta Syarat dan Formasi Yang Paling Dibutuhkan

CELEBESINDO
Minggu, 22 November 2020




Jakarta, Celebesindo.com, -Untuk kalian yang Bertanya-tanya kapan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan dibuka, ada kabar gembira!

Setelah pendaftaran CPNS 2020 ditunda karena pandemi Covid-19, kali ini pemerintah dikabarkan akan kembali akan membuka pendaftaran CPNS 2021 pada bulan Maret 2021 mendatang.

Seperti yang disampaikan oleh Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo yang menyatakan akan membuka CPNS tahun depan dengan jumlah kuota mencapai satu juta.

Dimana penerimaan CPNS 2021 merupakan salah satu srategi pemerintah untuk menyeimbangkan kondisi saat ini

Banyak formasi yang tersedia untuk lulusan S1 atau D4 dan juga tersedia formasi bagi lulusan SMA dan D3.

Perlu diketahui, terdapat syarat-syarat umum yang ditujukan ke seluruh pelamar seleksi CPNS 2021

Berikut adalah syarat pendaftaran CPNS 2021:

Berusia 18-35 tahun saat melamar.
Tidak pernah dipenjara karena tindak pidana selama 2 tahun atau lebih.

Tidak pernah diberhentikan sebagai PNS, prajurit TNI atau anggota Polri.

Serta tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

Bukan merupakan PNS, prajurit TNI dan anggota Polri.

Bukan merupakan anggota partai, pengurus partai dan tidak terlibat dalam politik praktis. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan

Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri atau Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan IPK minimal 2,75 untuk lulusan D3, 3,00 untuk S1 dan 3,20 untuk lulusan S2.

Bagi lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, Perguruan Tinggi dan Program Studi telah terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada saat kelulusan.

Bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri telah memperoleh penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri pada Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi.

Menguasai Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil TOEFL/TOEFL Preparation/TOEFL Prediction dalam 2 (dua) tahun terakhir dengan nilai minimal 450 (setara dengan Computer Based TOEFL minimal 133/Internet Based TOEFL minimal 45/ TOEIC minimal 405/IELTS minimal 5,5).

Bagi pelamar pria dan wanita dilarang memiliki tato dan bagi pelamar pria dilarang memiliki tindik.


Sebelum mengikuti seleksi CPNS 2021, Anda harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh panitia baik syarat umum maupun syarat khusus yang nantinya akan diumumkan oleh masing-masing kementerian/lembaga yang Anda pilih.

Lebih lanjut, Beberapa sektor formasi pun menjadi prioritas yang paling dibutukan pada pendaftaran CPNS 2021, untuk pendaftar lulusan S1 atau D4 dan juga tersedia formasi bagi lulusan SMA dan D3.

Jika melihat dari tingginya angka stunting, kematian ibu dan anak, serta wabah Covid-19.

Maka, sektor formasi yang menjadi prioritas paling dibutukan mencangkup diantaranya perawat, bidan, dokter umum, dan dokter spesialis.

Selain di sektor stunting khusunya pada anak, rencananya penyuluh pertanian dan perairan juga menjadi formasi lain yang akan menjadi prioritas dan paling dibutuhkan.

Terkait formasi yang dibutuhkan pada pendaftaran CPNS 2021, hal tersebut selaras dengan yang disampaikan oleh Tjahjo Kumolo.

"Penerimaan CPNS 2021, satu juta dulu, kita akan menambah perawat, bidan dan dokter umum, penyuluh pertanian dan perairan. Ini penting, sebab soal stunting yang masih sangat tinggi," ucap Tjahjo Kumolo.

Lebih lanjut, Tjahjo Kumolo menuturkan bahwa penerimaan CPNS 2021 mendatang untuk formasi kesehatan khususnya di daerah akan direformasikan dengan kebijakan presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai salah satu langkah menekan laju angka penyebaran Covid-19.

"Di masa pandemi kami juga sudah menyiapkan rekrutmen pada posisi sistem yang ada, makanya saya sudah sampaikan ke PT Taspen agar segera memproses pensiunan PNS," ujarnya.

Nah itu dia, tanggal dibuka dan formasi yang paling dibutuhkan pada pendaftaran CPNS 2021 serta syarat yang harus dilengkapi

Untuk kalian lulusan S1 atau D4 dan juga lulusan SMA dan D3, terus pantau informasi terbaru seputar pendaftaran seleksi CPNS 2021. (Yulisa).