Tingkatkan Pelayanan dan Keterbukaan Informasi, Kepala Ombudsman dan Ketua IWO Sampaikan Materi -->

Translate


Tingkatkan Pelayanan dan Keterbukaan Informasi, Kepala Ombudsman dan Ketua IWO Sampaikan Materi

Sabtu, 03 Oktober 2020



Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Selatan Subhan Djoer hadir bersama Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Soppeng Andi Mull Makmun, memberikan sosialisasi dihadapan para aparat Desa dalam acara yang dilaksanakan oleh Apdesi (Asosiasi Pemerintah Desa) cabang Soppeng Sabtu 3 Oktober 2020.


Kepala Ombusman melakukan sosialisasi dihadapan para aparat Desa dan BPD terkait masalah pembinaan dan pengawasan Publik dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.


Dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Selatan Subhan Djoer
menyampaikan kepada para Aparat Desa dan BPD untuk selalu bekerja baik dengan niat baik, dan tak perlu ragu untuk membangun Desanya. jelas Subhan.


Dalam pemaparannya dikatakan bahwa, Desa bertujuan melaksanakan fungsi-fungsi pelayanan publik dan Kesejahteraan umum, ia berharap Dana Desa dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Desa berupa peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan pelayanan publik di tingkat Desa, tutur Subhan.


Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulsel dan Ketua IWO Soppeng (Foto Istimewa).

Sementara Ketua Ikatan Wartawan Online Soppeng Andi Mull Makmun Hasan dalam pemaparannya membahas Keterbukaan informasi dan kegiatan kegiatan pemerintahan desa serta menjelaskan tentang UU No. 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).


Dikatakannya, Dimana pemerintah Desa saat ini dituntut untuk mempraktekkan keterbukaan informasi oleh Pemerintah Desa dengan maksud agar warga desa mengetahui berbagai informasi tentang kebijakan, pembangunan dan praktik penyelenggaraan pemerintahan yang dijalankan, jelas Andi Mull. 


Dijelaskan Ketua IWO Soppeng bahwa fungsi pers terhadap pembangunan adalah menyampaikan informasi secepatnya dan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk diketahui dan dipahami sehingga keterbukaan informasi berjalan dengan baik agar tidak terjadi interpretasi yang berbeda.


Melalui kesempatan itu ia mengajak semua jajaran kepala Desa dan BPD agar berperan aktif dalam publikasi media agar aktivitas Desa tersebut dapat diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat, karena dengan ini masyarakat dapat melihat keberhasilan -keberhasilan yang diraih desa tersebut dan organisasi pers IWO Soppeng siap membantu menayangkan dan atau mempublish setiap keguatannya dalam upaya mendukung pembangunan kabupaten Soppeng yang semakin baik. pungkas Andi Mull.