Mengubah Strategi Mengajar di Era New Normal, Pengawas Wilayah 1 Lalabata Gelar Pelatihan Aplikasi Zoom dan Class Room -->

Translate


Mengubah Strategi Mengajar di Era New Normal, Pengawas Wilayah 1 Lalabata Gelar Pelatihan Aplikasi Zoom dan Class Room

Kamis, 08 Oktober 2020



Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, - Pengawas Wilayah 1 Kecamatan Lalabata Sudirman, S.Sos, M.Si melaksanakan Pelatihan mengaktifkan dan menggunakan aplikasi zoom dan class room bagi guru-guru dalam wilayahnya yang dilangsungkan di ruang sekolah SDN 7 Salotungo Kelurahan Lalabata Rilau Kecamatan Lalabata, Jumat (9/10/2020).


Pelatihan ini mengangkat tema : Mengubah Strategi Mengajar di Era New Normal dengan menghadirkan Nara sumber Irwan, SP.d guru SDN 7 Salotungo, Siswandi,S.Pd Guru SD 13 Palakka dan
Indaryani,S.Pd guru SDN 9 Mallanroe.


Pengawas wilayah 1 Kecamatan Lalabata mengungkapkan bahwa ketiga nara sumber yang dihadirkan tersebut dianggap cakap dalam bidang IT khususnya pada aplikasi zoom dan class room, ungkap Sudirman, S.Sos, S. Pd.



Dikatakannya, pelaksanaan Pelatihan ini dilaksanakan selama seminggu mulai tanggal 9 oktober 2020 hingga 15 oktober 2020 dan pesertanya diklaster perhari dan khusus hari ini jumat (9/10) pesertanya Guru kelas 1, guru PJOK, guru agama dan mahasiswa UNM PGSD Makassar. Jelasnya.


Untuk hari berikutnya, Hari Sabtu, Guru kls 2 , guru PJOK, guru agama dan mahasiswa UNM PGSD Makassar.


Hari Senin, Guru kls 3, guru PJOK, guru agama dan mahasiswa UNM PGSD Makassar.


Hari Selasa Guru kelas 4 , guru PJOK, guru agama dan mahasiswa UNM PGSD Makassar.


Hari Rabu Guru kelas 5 , guru PJOK, guru agama dan mahasiswa UNM PGSD Makassar.


Hari Kamis Guru kls 6 , guru PJOK, guru agama dan mahasiswa UNM PGSD Makassar.



Kegiatan Pelatihan ini dilakukan karena telah kita ketahui bahwa Komunikasi merupakan sebuah aspek penting untuk interaksi antar individu kelompok maupun suatu lingkungan, terlebih kepada guru yang saat ini dalam masa pandemi yang mengharuskan proses belajar mengajar melalui metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan atau secara daring,  jelasnya.


Di era pandemi atau new normal saat ini komunikasi pola tatap muka untuk sementara tidak dilakukan khususnya dalam proses belajar mengajar melainkan dengan konsep virtual di era new normal untuk menekan penularan virus Covid-19 sehingga para guru-guru harus dibekali pelatihan agar dalam pelaksanaan proses mengajar secara daring nanti dapat terlaksana dengan baik , terang Pengawas Wil.1 Kecamatan Lalabata.


Aplikasi zoom dan class room ini bukan hanya bisa diaplikasi hanya kepada murid saja tetapi dalam rapat-rapat bersama para guru dan instansi terkait sangat dibutuhkan, terang Sudirman.



"Tidak bisa dipungkiri pola konsep virtual inilah yang harus dilakukan dan diaplikasikan para guru dalam tatanan pola baru proses belajar mengajar saat ini sehingga saya berharap dapat dipahami dan diikuti dengan baik, apa lagi ini adalah suatu kemajuan dibidang pendidikan meskipun imbas dengan adanya pandemi covid, tandasnya.


"Kedepan semoga guru-guru yang ada dalam wilayah kecamatan lalabata khususnya dan dalam wilayah kabupaten soppeng pada umumnya dapat lancar mengaplikasikan model aplikasi zoom dan class room ini, menjadi admin dan atau aplikasi IT Lainnya untuk mendukung kemajuan pendidikan di kabupaten soppeng. Pungkas Sudirman, S.Sos, S.Pd. (Red/Al-As/hendra).