MAN 1 Soppeng Raih Juara 1 di Ajang Pekan Raya Ilmiah Se-Sulselbar -->

Translate


MAN 1 Soppeng Raih Juara 1 di Ajang Pekan Raya Ilmiah Se-Sulselbar

Senin, 26 Oktober 2020



Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, - Prestasi Pendidikan di Soppeng memang layak untuk diacungi jempol dan pantas disegani oleh para pesaingnya dari daerah luar sana, salah satunya Siswa-siswi MAN.1 Soppeng lagi-lagi menorehkan sebuah prestasi yang sangat membanggakan di dunia pendidikan. Sebuah sekolah umum berciri khas Agama Islam. Hal ini mencuat ke permukaan setelah siswa-siswi mereka dinobatkan sebagai juara 1 pada ajang Pekan Raya Ilmiah (PERAIH) 2020 merupakan lomba karya tulis ilmiah siswa yang dilaksanakan pertama kali oleh Lembaga Penalaran dan Penulisan Karya Ilmiah Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin dengan mengangkat tema “Sistem Pendidikan Nasional di Tengah Pandemi Covid-19” yang berlangsung dari tanggal 1 September sampai 23 Oktober 2020.

MUSMULIADI, S.Ag.,MA (Kepala MAN 1 Soppeng) sangat bersyukur dengan hasil karya ketiga anak didiknya dapat meraih juara 1 pada kegiatan LKTI ini yaitu; Riskan Khairi, Nur Imelsya Ekaputri, Haura Mudya Maysha. Ia menyaksikan langsung kegigihan peserta didiknya dalam menyiapkan diri dengan tekun dan sungguh-sungguh. Dengan iringan Doa restu, kami memberikan ruang dan kesempatan kepada Siswa-siswi untuk ikut berkompetisi diajang bergengsi ini. PERAIH ini sendiri memang disediakan untuk membangkitkan jiwa kompetisi dan sikap kritis siswa-siswi SMA sederajat se-Sulbar, meningkatkan minat dan kemampuan siswa-siswi khususnya bidang penalaran dan penulisan melalui karya ilmiah, menciptakan siswa-siswi yang solutif dan kreatif terhadap permasalahan yang dihadapi bangsa khususnya di tengah pandemi Covid-19, serta mempererat tali silaturahmi antar siswa-siswi SMA Sulselbar,” terangnya. Senin (26/10/2020). 

Selanjutnya Kepala MAN 1 Soppeng menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Pembina KIR MAN 1 Soppeng, Azhar Hidayah,S.Pd.,M.Pd yang dengan penuh keikhlasan, penuh kesabaran, tak kenal lelah dan pantang menyerah membimbing para siswa dengan sepenuh hati, baik offline maupun online

Sementara itu, Azhar Hidayah ketika ditanya tentang prestasi anak binaannya merasa sangat bersyukur atas keberhasilan torehan siswa bimbingannya sebab dalam ajang yang cukup bergengsi ini sekolah yang menjadi pesaingnya adalah sekolah-sekolah hebat dan favorit. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Pekan Raya Ilmiah 2020 (PERAIH 2020) dilaksanakan pada bulan September 2020 awalnya banyak peserta yang mendaftar. Dari sekian banyak peserta hanya 3 (tiga) tim yang lolos dan berhak mengikuti babak selanjutnya berdasarkan penilaian terbaik dan pada tanggal 26 Oktober 2020 diumumkanlah 3 pemenang terbaik; 
Juara 1, MAN 1 Soppeng
Juara 2, SMAN 12 Pangkep, 
Juara 3, SMAN Pangkep
Prestasi yang diraih oleh peserta didik ini semakin menguatkan bahwa MAN 1 Soppeng layak menyandang predikat sebagai Madrasah istimewah yang mampu bersaing dengan sekolah yang lain, yang memiliki Madrasah hebat bermartabat. Tentu hal ini bukan sekedar Slogan akan tetapi ada bukti. Disamping prestasi siswa yang meningkat juga prestasi lembaganya meningkat dari Juara Sekolah Sehat, sampai predikat Sekolah Ramah Anak (SRA) terbaik Nasional pada tahun 2018 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA RI) dan sekarang ini sementara mengusung sekolah Adiwiyata. (AR).