Lantik Pengurus DPD KNPI Kab.Soppeng, Karnita Marundani: Pemuda Jangan Hanya Jadi Penikmat Informasi Saja -->

Translate


Lantik Pengurus DPD KNPI Kab.Soppeng, Karnita Marundani: Pemuda Jangan Hanya Jadi Penikmat Informasi Saja

Minggu, 25 Oktober 2020



Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kabupaten Soppeng melaksanakan acara pelantikan pengurus dan rakerda yang dilangsungkan di Gedung Pertemuan masyarakat kabupaten Soppeng, Ahad (24/10/2020)

Dalam kegiatan pelantikan ini dihadiri Asisten 1 bidang administrasi dan Kesra Andi Ibrahim Harta Sanjaya, SH mewakili PJS Bupati Soppeng, Ketua Bawaslu kabupaten Soppeng, Yang mewakili Dandim 1423 Soppeng, yang mewakili Kapolres, tokoh pemuda dan tokoh agama serta para pewarta kabupaten Soppeng.

Diawali dengan penyampaian laporan ketua panitia Aliuddin yang mengungkapkan bahwa tema dalam acara pelantikan dan rakerda ini adalah Soppeng Satu Nafas.

Menurutnya sudah sewajarnya tema ini yang harus digaungkan di bumi latemmamala dengan budaya sipakatau, sipakalebbi, sipakainge sebagai unsur yassisoppengi dalam satu nafas dalam kepemudaan KNPi Soppeng dalam mendukung program pemda Soppeng, ujar pengurus cabang OKP IMM ini.

Terkait dana kegiatan ini panitia mengungkapkan bahwa murni dari partisipasi ikhlas anggota knpi dan kreatifitas anggota dengan list bantuan dana. Bebernya.

Dikesempatan itu panitia mengapresiasi pemda Soppeng yang telah mendukung full dengan fasilitas dan lainnya dalam kegiatan ini, begitupun kepada seluruh unsur yang terlibat sehingga acara ini bisa terlaksana, tuturnya.

Aliuddin berharap pemda Soppeng tidak hanya bersinergi dengan adanya kegiatan KNPI saja tetapi juga kepada seluruh kegiatan-kegiatan OKP yang ada, imbuhnya.

Usai penyampaian laporan panitia dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama pengurus yang akan dilantik oleh sekretaris KNPI Sulsel Agus Rasyid Butu.

Sebelum penyebutan nama-nama yang akan dilantik dan pembacaan surat keputusan, Agus Rasyid menegaskan agar tetap mengikuti pedoman protokol kesehatan Covid diantaranya pemakaian masker dan phisical distancing begitupun berharap kegiatan ini berlangsung dengan hikmat. Imbuhnya.

Agus juga menyampaikan terima kasih kepada semua yang hadir atas suppornya dalam kegiatan ini dengan Soppeng Satu Nafas yang menandakan bahwa hanya 1 KNPI di kabupaten Soppeng, ujarnya.

Agus Rasyid lanjut membacakan keputusan dengan nomor 17/KPTS/VII/2020 tentang komposisi personalia Dewan Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia kabupaten sopping dan Majelis Pemuda KNPI Kabupaten Soppeng perode 2020-2023.

Dikatakannya, Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Dewan Pengurus KNPI Provinsi Sulsel setelah menimbang, mengingat, memperhatikan dan seterusnya, dengan ini memutuskan dan menetapkan keputusan dewan pengurus KNPI Sulsel sebagai hasil musda XIV KNPI Kabupaten Soppeng tertanggal 25 Juli 2020.

Agus Rasyid menyampaikan bahwa komposisi dan personalia pengurus daerah knpi dan majelis pemuda KNPI Kabupaten Soppeng yang tidak terpisahkan dengan AD dan ART KNPI yang konsultatif, koordinatif sebagai lembaga yang bekerja kolektif yang bertugas pada penyelemggaraan pengawasan, penilaian terhadap kinerja dewan pengurus KNPI sesuai dengan tingkatan.

Agus menyebut bahwa masa pengurusan knpi Kabupaten Soppeng berakhir pada 23 Juli 2023.

Usai pembacaan nama-nama yang dilantik diantaranya Sas Jayusman, SE sebgai Ketua KNPI Kabupaten Soppeng, Sekretaris Aswan, Ruslan Efendi serta pengurus lainya dilanjutkan dengan penyerahan bendera petaka KNPI oleh Ketua KNPI Sulsel Karnita Marundani kepada Ketua KNPI terpilih Kabupaten Soppeng yang sudah dilantik Sas Jayusman.

Sas Jayusman dalam sambutan perdananya selaku Ketua KNPI Kabupaten Soppeng menyampaikan bahwa pelantikan hari ini merupakan legalitas formal organisasi dan juga merupakan babak awal perjalanan kepengurusan KNPI Kabupaten Soppeng, ujarnya. 

Dikesempatan itu Sas Jayusman menyampaikan selamat bekerja kepada jajaran pengurus KNPI Kabupaten Soppeng yang baru saja dilantik periode 2020-2023. 

"Tidak ada hal yang sulit  selama kita bekerja bersama, paparnya. 

"KNPI sebagai ruang bagi pemuda pemudi Kabupaten Soppeng untuk bergerak bersama, berjuang bersama dengan satu nafas  bersama KNPI, jelasnya. 

Sas Jayusman juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus wilayah KNPI sulsel yang telah hadir dan senantiasa mengobarkan semangat kepemudaan dan KNPI Soppeng siap mengemban amanah sebaik-baiknya, ucapnya. 

Ketua KNPI Soppeng dikesempatan itu juga mengucapkan selamat kepada Ketua Umum DPP KNPI pusat Nur Fajriansyah yang baru-baru ini telah di lantik sebagai Fungsionaris PTPNM sebagai salah satu pemuda yang bisa memajukan Indonesia kedepannya, ujarnya menutup. 

Sementara itu di kegiatan yang sama Ketua KNPI Sulsel dalam mengawali sambutannya dengan menyampaikan terima kasih kepada seluruh OKP yang sampai hari ini telah mengawal KNPI dengan satu nafas, ujarnya. 

Karnita Marundani Kahfi yang didampingi beberapa unsur pimpinan pengurus KNPI Sulsel hadir di kabupaten soppeng lebh lanjut mengatakan bahwa Soppeng satu nafas dapat diartikan bahwa knpi soppeng harus senada dan searah dengan kebijakan pemerintah daerah, 
inilah mengapa KNPI tidak bisa lepas yang harus merekat dengan program-program pemerintah daerah dan kita harus siap mengawal program pembangunan yang memiliki nilai kemaslahatan bagi masyatakat kabupaten soppeng, Ucap Anak Kandung Anggota DPR Ashabul Kahfi ini.

Lebih lanjut anak ketua PAN Sulsel ini mengatakan, Tentunya KNPI memiliki banyak tugas terkhusus kepada KNPI kabupaten soppeng yang kita ketahui issu hoaks yang begitu merebak dan saatnya pemuda untuk mampu menangkal trend-trend hoaks  yang hari ini sering menjadi disinformasi atau informasi yang tidak valid yang hanya dapat memecah pemuda di daerah, belum lagi banyaknya kendala-kendala yang dalam momentum Pilkada ini seharusnya Pemuda mengambil bagian menjadi akselarasi politik dan momentum untuk melakukan exsercise sebagai pemimpin sebagai calon generasi yang membangkitkan semangat kepemimpinan kita, bukan diperhadap-hadapkan kepada sesuatu yang dimana sebenarnya sudah jelas legalisasinya. Paparnya. 

Menurutnya Sas Jayusman Ketua KNPI Soppeng yang baru lantik memiliki Legasi secara hukum di KNPI Provinsi Sulawesi Selatan, untuk itu bagi kami adalah fokus untuk melaksanakan program-program pemerintah, itulah tujuan kami, bukan lagi melakukan mengklaim sana-sini, saya pikir OKP yang terjun menjadi pengurus adalah kader yang paripurna di organisasinya masing-masing, sudah matang di idiologi keorganisasian, tegas Karnita Kahfi. 

"Saat ini kita sudah tidak boleh memakai jubah idiologi kita lagi, saat ini di KNPI yang heterogen dengan berbagai ideologi, agama,  keyakinan tetapi KNPI adalah satu-satunya jubah yang mampu mempersatukan seluruh komponen organ keorganisasian, terangnya. 

Karnita Kahafi mengajak para pemuda pemudi, putra putri terbaik kabupaten soppeng untuk menjemput peluang di erah digitalisasi saat ini. Imbuhnya. 

"Kita jangan menjadi penikmat informasi saja tetapi bagaimana bisa memanfatkan peluang di era digitalisasi ini yang potensinya ada di genggaman pemuda, kalau kita tidak mampu melakukan gebrakan gebrakan yang besar, kita memulainya dengan gebrakan atau terobosan-terobosan yang kecil dimulai dari Desa, imbuhnya. 

Diakuinya bahwa kabupaten soppeng memiliki lahan yang subur, memiliki tanah yang luas dan Sulsel disebut lumbung Komunitas pangan yang besar maka dari itu saya mengajak para pemuda pemudi memanfaatkan peluang itu, kita tidak boleh terjerus oleh roda zaman sehingga kita tidak berada diruang-ruang aktualisasi yang membawa era globalisasi ini untuk kemajuan teman-teman pemuda. Tuturnya. 

Terakhir Karnita berharap kepada para pengurus KNPI soppeng untuk betul-betul Fokus dan selamat bertugas dengan satu rel dan senada dengan pemerintah kabupaten soppeng, pungkasnya. (Red/Her)