KKKS dan KKG Wilayah 1 Kecamatan Lalabata Gelar Rapat Rutin Bulan Oktober 2020 -->

Translate


KKKS dan KKG Wilayah 1 Kecamatan Lalabata Gelar Rapat Rutin Bulan Oktober 2020

Senin, 05 Oktober 2020



Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, -Sebagai Pendidik haruslah mempersiapkan dan meningkatkan kualifikasi dan kualitas untuk menghadapi peserta didiknya sehingga dapat memiliki sumber daya manusia lebih bermutu dalam menghadapi era globalisasi dan revolusi industri 4.0.


Sebagai upaya menghadapi hal tersebut diatas yang pada dasarnya ada 2 cara yang sebaiknya dilalui yakni melalui kelompok kerja dan melalui jalur organisasi profesi.



Kelompok Kerja Kepala Sekolah yang disingkat KKKS (K3S) sebagai wadah kelompok Kerja para kepala sekolah dengan tujuan yang salah satunya membahas permasalahan-permasalahan para guru, yang tidak bisa diselesaikan oleh kepala sekolah masing-masing dan atau program Kerja yang telah disusun dalam setahun,  seperti yang dilakukan oleh K3S Wilayah 1 Kecamatan Lalabata saat menggelar rapat rutin bulan oktober yang dilangsungkan di SDN Akkampeng, Senin (5/10/2020).



Dalam kegitan rutin ini dihadiri Pengawas wilayah 1 Kecamatan Lalabata Sudirman, S.Pd, Ketua K3S Wilayah 1 Lalabata Hj. Nurhayati, S.Pd yang juga Kepala Sekolah SDN 7 Salotungo, Kepala SDN 10 Akkampeng Hj. Darmawati, S. Pd dan para kepala sekolah lainnya dalam Wilayah 1 kecamatan Lalabata.


Dalam kesempatan itu Pengawas Wilayah 1 Kecamatan Lalabata kembali menekankan bahwa, sedikitnya ada 6 fungsi K3S ini yakni Mengidentifikasi masalah guru, mencari alternatif pemecahan masalah guru, Diskusi atau tukar informasi dan pengalaman, mengidentifikasi masalah yang ada di sekolah serta mencari alternatif pemecahan masalah di sekolah, ujar Sudirman, S.Pd.



Mantan aktivis diberbagai organisasi ini juga menyampaikan bahwa saat ini yang masih dalam masa pandemi covid 19 sehingga pembelajaran untuk anak didik kita saat ini masih menggunakan pembelajaran jarak jauh sehingga guru dan siswa tetap terpantau, ujar mantan pengurus KNPI Soppeng ini.


Dikesempatan itu juga mantan pengurus organisasi pemuda pancasila ini berharap netralitas guru (PNS) di Pilkada soppeng yang akan dihelat pada 9 Desember mendatang, ujarnya.


"Janganlah beli kucing dalam karung, imbuhnya.


Selain itu Sudirman berharap kerja sama yang baik antara guru, kepala sekolah dan pengawas, tutupnya.



Sementara Ketua K3S Wilayah 1 Lalabata Hj. Nurhayati, S. Pd melanjutkan rapat evaluasi dan analisis hasil mid semester.


Usai pelaksanaan rapat rutin K3S dilanjutkan dengan rapat rutin KKG dengan agenda yang sama dipandu ketua KKG HJ. SUARNI BEDDU, S. Pd Guru Kelas V b di SDN 7 Salotungo yang menekankan bahwa untuk semester ganjil tentang perakitan soal dan kisi-kisi agar diupayakan seragam dalam wilayah. (Al-As/Hendra).