IGI Soppeng Gandeng Sahabat dan Duta RB Gelar Workshop Pemanfaatan PRB Dalam PJJ -->

Translate


IGI Soppeng Gandeng Sahabat dan Duta RB Gelar Workshop Pemanfaatan PRB Dalam PJJ

Kamis, 15 Oktober 2020



Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, - IGI kabupaten Soppeng belerjasama dengan Sahabat Rumah Belajar Sulawesi Selatan dan DKI Jakarta 2020 menggelar Workshop Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh, Kamis (14/10/2020) Pukul 19.30-22.00 Wita.


KALONGS sesi 2 ini merupakan akronim dari Kelas Learning Online Guru Soppeng yang kali ini telah berlangsung untuk kedua kalinya.



Selain menggandeng Sahabat Rumah Belajar, IGI soppeng juga bekerjasama dengan Duta Rumah Belajar Sulawesi Selatan 2019 (Haeruddin, S.Pd.,Gr.) dan Duta Rumah Belajar 2018 (Hastuti, S.Pd.,M.M.).


Ditengah kegiatan bergabung juga Duta Rumah Belajar Kalimantan Utara 2017 (Andi Mastang, S.Pd).


“Kali ini, kolaborasi kita pure kolaborasi putra soppeng” ujar Haeruddin, S.Pd.,Gr selaku Duta Rumah Belajar Sulawesi Selatan 2020.



Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh moderator (Agus) yang kemudian dilanjutkan oleh Ketua IGI Kab. Soppeng (Dr. Nur Alim, M.Pd) dengan memberikan sambutan serta membuka workshop secara resmi.


Guru hebat adalah guru tidak takut pada perubahan, Guru hebat adalah guru yg siap menjawab tantangan zaman, Sesungguhnya negeri ini tidak terlalu butuh orang pintar.


Namun yang dibutuhkan adalah orang cerdas yang mampu bergerak maju sesekali menoleh ke belakang melihat pengalaman.


Kemitraan IGI Kab. Soppeng dalam kegiatan kali ini kami gandeng beberapa aktivis dan pemerhati pendidikan diantaranya Kalongs, Rumah Belajar, dan PembaTik dengan narasumber Duta Rumah Belajar (DRB) dan Sahabat Rumah Belajar (SRB)



Pengurus Wilayah Sulsel IGI dan Pengurus Daerah sekaligus Koordinator kegiatan (Muh. Arfan Mubarak, S.Pd) mengatakan, Kalongs IGI Kabupaten Soppeng akan terbang mengudara melintas sampai ke Negara tetangga Malaysia untuk saling sharing. 


Dengan maksud mendukung Kedua putra asli Kab.Soppeng (Sahabat Rumah Belajar) untuk bertarung memperebutkan dan menasbihkan diri sebagai Duta Rumah Belajar mewakili Perovinsi masing-masing, juga didukung oleh DRB Sulsel 2019 yang merupakan putra asli Kab.Soppeng.


Dijelaskan pula ke-3 Putra asli Kabupaten Soppeng, penuh bakat dan talenta yang akan terbang mengudara bersama Kalong's IGI Kabupaten Soppeng malam ini, diantaranya :
1. Haeruddin. S.Pd.,Gr. (DRB Sulsel 2019, IGI Parepare) Lahir di Paowe, Kel. Salokaraja)*
2. Agus Supramono, S.Pd.,Gr. (SRB Sulsel 2020, IGI Kabupaten Soppeng, Guru SDN 140 Masumpu Marioriwawo) Lahir di Jolle Desa Umpungeng.
3. A. Syamsul Bahri, S.Pd.I. (SRB DKI Jakarta 2020, Guru Pusat Pendidikan WNI Klang-Malaysia) Lahir di Desa Kebo'  Kec. Lilirilau). 


Pada sesi selanjutnya dipersilahkan kepada DRB Sulsel dan DRB DKI Jakarta untuk memberikan arahan dalam kegiatan workshop ini.


Pemateri Pertama (Andi Syamsul Bahri) memaparkan tentang model pembelajaran Flipped Classroom yang diintegrasikan dengan Fitur Sumber Belajar.


Materi selanjutnya disampaikan oleh Pemateri kedua (Agus Supramono) dengan melakukan simulasi penggunaan Fitur Bank Soal dan juga tata cara mendaftar sebagai sekolah penyelenggara dan sebagai guru di Fitur Kelas Maya.


Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan dilakukan sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab, peserta antusias bertanya melalui room chat dan juga bertanya secara langsung melalui video conference. diakhir sesi peserta mengisi presensi yang diberikan serta memebrikan tanggapan kepada pemateri terkait workhsop ini.


Hingga materi berakhir, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan adalah 207 orang sedangkan jumlah yang mendaftar sebanyak 262 peserta. (Red/Al-As/Nhr).