Hadiri Musyawarah K3S, HJ.Andi Rusbiani Tegaskan Semua Siswa Harus Tersentuh Pembelajaran -->

Translate


Hadiri Musyawarah K3S, HJ.Andi Rusbiani Tegaskan Semua Siswa Harus Tersentuh Pembelajaran

Rabu, 07 Oktober 2020



Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, -Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) melaksanakan musyawarah kerja kepala sekolah terkait Evaluasi PTS (Penelitian Tindakan Sekolah) Semester Ganjil dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilaksanakan diruang guru SDN 270 Mattiro Walie Lappa Maloang Desa Pattojo, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng, Kamis (7/10/2020).


Dalam kesempatan itu Pengawas Wilayah IV Kecamatan Liliriaja HJ.Andi Rusbiani, S.Pd mengungkapkan bahwa PTS sebagai karya ilmiah yang biasanya dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas, maka dalam evaluasi ini ada beberapa hal yang berkaitan dengan tujuan pelaksanaannya yakni, Melakukan peningkatan dan perbaikan manajemen sekolah dan kondisi pelaksanaan pendidikan sekolah jadi dengan melaksanakan PTS (Penelitian Tindakan Sekolah) maka pengawas dan kepala sekolah akan dapat melakukan peningkatan pelayanan secara profesional. Ungkapnya.


Layanan yang dimaksud di sini tentu saja layanan yang berkaitan dengan siswa atau peserta didik di sekolah itu sendiri. Terangnya.



Dijelaskan bahwa, Penelitian tindakan sekolah adalah sarana yang dapat memberi kesempatan kepada pengawas dan kepala sekolah dalam implementasi suatu tindakan yang terencana. Tutur Andi Rusbiani.


"Penelitian tindakan sekolah atau PTS ini akan memberikan kemungkinan kepada pengawas dan kepala sekolah yang melaksanakannya untuk mengkaji kegiatan kegiatan manajerial yang ada di sekolah. Paparnya.


Terkait Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini semua siswa harus tersentuh pembelajaran. Tegas pengawas wilayah IV Kecamatan Liliriaja HJ.Andi Rusbiani, S.Pd.


"Kepala Sekolah harus terus memotivasi gurunya untuk meningkatkan kompetensinya terutama dalam pembelajaran berbasis IT, apa lagi saat ini yang masih dalam masa pandemi maka pembelajaran berlangsung dengan model daring (Dalam Jaringan), luring (Luar Jaringan) dan atau kombinasi. Jelasnya.


"Oleh sebab itu kompetensi guru di bidang IT harus lebih diperkuat, imbuhnya tegas.



Lanjut dikatakan, Sebagaimana diketahui bahwa di Wilayah  IV Gugus 16 semua guru (Guru kelas awal, Guru kelas atas, guru PJOK, Guru PAI telah tersentuh pelatihan berbasis IT yaitu pelatihan penggunaan aplikasi zoom meeting dan google classroom, maka harapan saya bahwa guru yang ada di wilayah IV Kecamatan Liliriaja untuk diadakan lagi pelatihan penggunaan aplikasi lain yang dapat menunjang PJJ ini. Tandasnya.


Dikesempatan terakhir dalam kegiatan itu, pengawas wilayah IV Kecamatan Liliriaja ini menitip pesan kepada para guru dan kepala sekolah dalam kapasitasnya selaku PNS agar menjaga netralitas dalam pasta demokrasi pemilihan bupati di pilkada soppeng yang akan dihelat pada tanggal 9 Desember 2020, yang terpenting gunakanlah hak pilihnya untuk menentukan kepemimpinan terbaik di kabupaten soppeng, imbuhnya.



Sementara itu ditempat yang sama Ketua Gugus 16 H. Khaeruddin, S.Pd bersama Sekretris Gugus  Karmawati S.Pd., M.Pd  dengan senada menyampaikan bahwa sebagai pengurus gugus  di wilayah IV Liliriaja ini akan terus menggenjot guru untuk meningkatkan kompetensi mereka dengan mendukung dan mengadakan berbagai pelatihan yang berbasis IT. Pungkasnya. 

Untuk diketahui kegiatan ini yang ke 4 kalinya selama pandemi, (Red/Al-As).