GURILA Beraktivitas, KKG Gugus 33 Wilayah I Kec. Ganra Dapat Ilmunya -->

Translate


GURILA Beraktivitas, KKG Gugus 33 Wilayah I Kec. Ganra Dapat Ilmunya

Selasa, 20 Oktober 2020


 

Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, - Selama merebaknya Pandemi Covid-19, GURILA (Guru Pecinta Alam) Soppeng sempat vakum dari segala aktivitas sosial pendidikan yang semestinya sudah dilaksanakan sesuai program yang telah tersusun diawal tahun ini.


Karena aplikasi yang sering digunakan dalam pembelajaran adalah zoom meeting dan google form, maka kali ini kita dermakan pelatihan penggunaan zoom meeting dan pembuatan google form.


Setelah berembuk dari beberapa personil dan memutuskan akan kembali beraktvitas sosial dengan menjalin kerja sama menawarkan kegiatan sukarela berupa pelatihan "Penggunaan Aplikasi Zoom dan Pembuatan Soal Online" ke Kelompok Kerja Guru (KKG) disalah satu Gugus di Kecamatan Ganra yang membutuhkan sesuai program kerja KKG wilayah tersebut.



Peningkatan kemampuan IT bagi para pendidik ditengah wabah Corona mutlak diperlukan. Demikian pula bagi guru-guru yang ada pada Gugus 33 Wilayah I Kecamatan Ganra. Penguasaan IT juga harus dimiliki. Hal tersebut disampaikan oleh Pengawas, Muhammad Ikhwan, S.Pd.,M.Si  saat membuka kegiatan pelatihan pemanfaatan IT Sebagai Media Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. Pelatihan diadakan di UPTD SPF SDN. 81 Belo Kec. Ganra Kabupaten Soppeng, Selasa 20 Oktober 2020 yang diikuti seluruh guru kelas dari 7 Sekolah yang ada di Gugus 33 Wilayah I Kecamatan Ganra.



“Sekarang ini jamannya virtual, berbagai kegiatan dilaksanakan dengan virtual. Terlebih saat wabah Corona yang menuntut minimnya pertemuan tatap muka. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah  juga harus mengadakan kegiatan secara daring. Untuk itu kreatifitas dan kemampuan guru harus ditingkatkan” ujar Pengawas.


Pada kesempatan itu pula Muh. Ikhwan menyampaikan harapan kepada peserta agar selepas mengikuti pelatihan agar benar-benar bisa diterapkan dengan baik sehingga kegiatan pembelajaran secara daring bisa tersampaikan dengan mudah kepada peserta didik di rumah.



Lanjut, disampaikan pula ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada teman-teman Gurila atas kerelaan dan keluangan waktunya untuk mau datang berbagi dan melatih guru-guru yang ada di wilayah kami dengan ikhlas tanpa pamrih.


Sementara itu, Sulheri, S.Pd selaku moderator kegiatan sekaligus pemateri dan Arsal Syam, S.Pd.,M.Si pemateri di Kelas Atas langsung mengarahkan ke ruangan kelas untuk memulai kegiatan pelatihan. Dalam hal ini beberapa personil Gurila datang dengan sukarela untuk membantu dan menuntun para peserta dalam mengikuti jalannya pelatihan. (AR).