Fasda SPMI Jajaki Bimtek di Gugus 16 Wilayah IV Kec. Liliriaja -->

Translate


Fasda SPMI Jajaki Bimtek di Gugus 16 Wilayah IV Kec. Liliriaja

Senin, 26 Oktober 2020



Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, -Team Fasilitator Daerah SPMI kembali melakukan Bimbingan Tekhnis pendampingan sekolah Binaan di beberapa Kecamatan. Diawal pekan ini, sosialisasi Pendampingan dilaksanakan di SDN 71 Maccini yang dihadiri seluruh Kepala Sekolah se-Gugus 16 Wilayah IV Kecamatan Liliriaja, Ketua TPMPS, dan Operator Sekolah, diantaranya; SDN 71 Maccini, SDN 73 Lamogo, SDN 74 Lawara, SDN 84 Awo, SDN 176 Dabbare, SDN 212 Rompe Gading, SDN 260 Kampung Baru, dan SDN 270 Mattirowalie. Senin (26/10/2020) 

Sebagai pemaparan awal Fasilitator Daerah HASANUDDIN, S.Pd.,M.Pd (Koordinator Pengawas SD-SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Soppeng), menjelaskan bahwa, Kegiatan pendampingan yang kami lakukan ini untuk menguatkan dan membina sekolah binaan agar dapat mengimplementasikan SPMI serta membantu mengatasi berbagai kendala yang muncul pada saat pelaksanaan SPMI di SDN 71 Maccini sebagai sekolah binaan LPMP dan imbasannya.


Maksud dari pengembangan sekolah binaan adalah meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan serta menciptakan budaya mutu pendidikan di satuan pendidikan. Kami berharap setelah sosialisasi terlaksana di SDN 71 Maccini yang merupakan sekolah binaan diharapkan menjadi percontohan sekolah berbasis Standar Nasional Pendidikan (SNP) melalui penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri dan melakukan pengimbasan penerapan penjaminan mutu pendidikan kepada sekolah lain hingga seluruh sekolah terampil menerapkan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Olehnya itu, kami dari Fasilitator Daerah pengembangan sekolah binaan, hadir dalam bentuk sosialisasi Pendampingan Sistem Penjaminan Mutu Internal

Dikesempatan itu pula, Hj. ANDI RUSBIANI, S.Pd (Pengawas TK.SD Wil.IV Kec.Liliriaja) menyampaikan harapannya kepada peserta selepas mengikuti Sosialisasi Bimtek ini sedapatnya pelaksanaan Pendampingan SPMI ini dapat dilakukan oleh seluruh satuan pendidikan dengan optimal, dikembangkan satuan pendidikan yang akan menjadi model penerapan penjaminan mutu pendidikan secara internal, yang selanjutnya menjadi gambaran langsung kepada satuan pendidikan lain yang akan menerapkan penjaminan mutu pendidikan sehingga terjadi pola pengimbasan pelaksanaan penjaminan mutu hingga ke seluruh satuan pendidikan.


Di tempat yang sama H. KHAERUDDIN, S.Pd (Kepala SDN. 71 Maccini), mengatakan Alhamdulillah kegiatan Bimtek Pendampingan ini berjalan dengan lancar. Semoga setelah mengikuti kegiatan pendampingan ini, teman-teman yang menjadi sekolah imbas dari kami dapat menjalin kerjasama dan saling mensuport satu sama lain. Ditambahkan pula KARMAWATI, S.Pd.,M.Pd (Ka.SDN.73 Lamogo) mengatakan, intinya kami dari Gugus 16 Wil.IV tetap akan jalin Komunikasi baik kepada Fasda SPMI maupun kepada Sekolah Imbas untuk saling sharing sehingga kita dapat mengimplementasikan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) di satuan pendidikan masing-masing. (AR).