IGI Kabupaten Soppeng Gelar Pertemuan Virtual Tampilkan Guru-Guru Hebat dengan Berbagai Pengalaman -->

Translate


IGI Kabupaten Soppeng Gelar Pertemuan Virtual Tampilkan Guru-Guru Hebat dengan Berbagai Pengalaman

Selasa, 29 September 2020



Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com, - Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Soppeng kembali menggelar kegiatan virtual via aplikasi zoom yang kesekian kalinya di masa pandemi dengan mengusung semangat "Sharing and Growing Together", Selasa (29/9/2020).


Kegiatan virtual Diseminasi Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19  ini dimaksudkan agar para guru hebat pilihan IGI Kabupaten Soppeng tergerak untuk berbagi pengalaman terbaiknya dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dimasa Pandemi Covid 19.


Selain itu, Dalam kegiatan yang dipelopori oleh Kelas Learning Online Guru Soppeng (KALONG'S) juga akan memberikan kesempatan terbuka untuk bertanya, mendiskusikan berbagai kendala, dan berbagi pengalaman menarik rekan-rekan dalam melaksanakan KBM dimasa Pandemi Covid 19 pada setiap sesi kegiatan.



Dikesempatan itu Ketua IGI Kabupaten Soppeng. Dr. Nur Alim, S.Pd.,M.Pd memaparkan, "Kegiatan virtual Diseminasi ini merupakan kegiatan penyebaran informasi, pengalaman mengajar yang ditujukan kepada teman-teman guru yang nantinya bisa memperoleh informasi dan pengalaman sehingga dapat timbul kesadaran untuk menerima yang akhirnya mereka akan mampu memanfaatkan informasi atau pengalaman - pengalaman dari guru hebat yang punya dedikasi tinggi dalam menjalankan tugas di masa Pandemi ini di tempat tugasnya masing-masing.


Kegiatan Diseminasi pembelajaran yang dilakukan oleh anggota IGI Soppeng kali ini menampilkan para guru yg dinilai berhasil melaksanakan tugasnya dengan sangat profesional walaupun berbagai tantangan.


Guru jenjang paud (KB dan TK), SD, SMP, SMK/MA yang terbilang setiap jenjang memiliki karakteristik yang jauh berbeda. Misalkan satuan pendidikan Kelompok Bermain (KB) Nabigh yang berada di jantung kota Watansoppeng, yang boleh dinilai peserta didik dan orang tua yang hampir dipastikan semua memiliki android bahkan mungkin anaknya sendiri.



Berbeda dengan Taman Kanak-Kanak (TK) Nusa Putra Leworeng yang sebaliknya orang tua tidak memiliki android apalagi anaknya bahkan jaringan internet timbul tenggelam tetapi semangat mereka sama berusaha menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, tandas Dr.Nur Alim.


Dikatakannya, Selaku Ketua IGI Kabupaten Soppeng saya merasa bangga bisa memimpin organisasi profesi ini dengan memiliki anggota yang penuh dedikasi dan kinerja yang luar biasa. Tuturnya.


Disebutkan bahwa Motto IGI Sharing and Growing Together adalah roh yang menjadi motivasi setiap anggota untuk tetap bekerja ikhlas dalam membangun pendidikan di Negeri ini, dan sebagai upaya dalam peningkatan kompetensi guru dan menjadi komitmen IGI yang tidak boleh kendor. Pungkas Dr. Nur Alim, S.Pd.,M.Pd.



Di tempat yang sama Muh. Arfan Mubarak, S.Pd Sekretaris IGI Kab.Soppeng yang sekaligus selaku Koordinator pelaksana kegiatan menambahkan bahwa, kegiatan virtual Diseminasi ini dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh (PJJ), untuk memperoleh pengalaman strategi kegiatan belajar mengajar selama pandemi Covid-19 dengan membagikan pengalaman praktik mengajar, baik dari daerah terpencil di luar jangkauan jaringan internet  maupun di daerah perkotaan dalam penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang prioritasnya adalah keamanan, kesehatan, dan keselamatan, sehingga pembelajaran dari rumah yang dilaksanakan oleh siswa terlaksana dengan baik dan menyenangkan, baik secara daring (dalam jaringan), luring (luar jaringan), atau kombinasi.

Yang terpenting kata Sekretaris IGI adalah Orientasi pembelajarannya berdasar pada kebutuhan siswa dan juga dukungan orang tua siswa menjadi kunci utama. Tegasnya.



Dikesempatan yang sama, Eka Gustiani, S.Pd selaku Bendahara IGI Kab.Soppeng menguraikan, sebelum kegiatan ini dilaksanakan kami dari panitia berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan narasumber yang benar-benar punya pengalaman dan punya dedikasi tinggi dalam keberlangsungan  proses belajar mengajar dimasa pandemi, dan Alhamdulillah kami dapatkan sesuai harapan kami diantaranya guru-guru hebat kabupaten Soppeng yakni:


Andi Hermiyati.
Kepala Sekolah dari salah satu sekolah favorit di Soppeng. Kepala Sekolah KB. Nabigh akan berbagi bagaimana proses Belajar Mengajar di KB. Nabigh yang terkenal kreatif dan menyenangkan.


Hj.Fatimah.
Guru TK yang punya komitmen dalam mencerdaskan anak bangsa. Mengajar di TK Nusa Putra Leworeng akan berbagi pengalaman mengajar anak usia Taman kanak-kanak selama masa Pandemi.


Rahmil Humaerah.
Guru hebat Telah menjelajah berbagai lomba dan kegiatan nasional. Dialah sosok guru Penggerak dan Guru Pembelajar. Mengajar di SDN 1 Lamapoloware.


Sucita Iradah Putri.
Guru muda yang masih berusia 25 tahun. Menjadi guru di SDN 25 Mattabulu menjadikan sosok hebat yang mengajar secara luring dengan mengunjungi siswa dari rumah ke rumah, mengajari orang tua siswa pun pernah dia lakukan. 



Agus Salim,S.Pd.,M.Pd.
Guru SMPN 1 Lilirilau. Ahli di bidang IT menjadi sosok guru penggerak yang selalu berbagi dan menjadi inspirasi. Menjadi pemateri untuk beberapa kegiatan IGI Kabupaten Soppeng.


Tawir, S.Pd.
Guru SMP Muhammadiah Leworeng yang sangat aktif membuat video pembelajaran selama Pandemi Covid 19 akan berbagi pengalaman.


Rahmat Hidayat.
Guru SMK 2 Soppeng. Adalah guru yang tak pernah berhenti untuk berbagi melalui chanel youtubenya. Beliau juga akan berbagi mengenai cara beliau mengajar selama PJJ. 


Roby Darwis.
Guru Matematika dari MAN 1 Soppeng. Guru muda yang punya semangat tinggi untuk berbagi.  Bagaimana cara beliau mengajar matematika selama ini.